Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in , ,

Daftar 14 Wilayah Indonesia Terancam Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG: Tidak Hanya Pulau Jawa Saja

Belakangan ini masyarakat digemparkan mengenai riset yang mengungkapkan potensi gempa disertai tsunami akan terjadi di selatan Pulau Jawa.

Pasalnya riset tersebut dilakukan oleh para pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) juga melibatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hasil riset menunjukkan bahwa, potensi gempa bumi di selatan pulau jawa dengan kekuatan magnitudo 9,1 dan dapat menyebabkan gelombang tsunami mencapai ketinggian hingga 20 meter di pantai selatan Jawa Barat, dan 12 meter di pantai selatan Jawa Timur, sedangkan tinggi rata-rata di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa adalah 4,5 meter.

Sontak kabar tersebut membuat masyarakat panik, terutama masyarakat yang tinggal di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Oleh karena itu, beberapa tokoh terkemuka dan BMKG sendiri menghimbau agar masyarakat tidak terlalu panik, namun tetap waspada. Potensi gempa disertai tsunami dapat terjadi akibat pecahnya segmen-segmen megathurst jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia secara bersamaan.

Dilansir LINGKAR KEDIRI dari Mantra Sukabumi pada artikel berjudul Hati-hati, 14 Wilayah Ini Bisa Terdampak Tsunami 12 Hingga 20 Meter, Simak Mana Saja, berikut penjelasannya.

“Tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur,” kata Guru Besar bidang Seismologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widiyantoro.

Sri Widiyantoro juga menjelaskan, riset ITB menggunakan data gempa dari katalog BMKG dan katalog International Seismological Center (ISC) periode April 2009 sampai November 2018. Dalam katalog tersebut menunjukkan bahwa ada zona memanjang diantara pantai selatan Pulau Jawa dan Palung Jawa yang memiliki sedikit aktivitas kegempaan.

“Karena itu kami mengidentifikasinya sebagai seismic gap,” ujar Widyantoro lewat keterangan tertulis, Jumat 18 September 2020.

Disamping itu, guna memperkirakan potensi tsunami di selatan Pulau Jawa, tim riset melakukan beberapa pemodelan tsunami, total dengan tiga skenario, yang pertama pada segmen Jawa bagian barat, kedua segmen Jawa bagian timur, dan ketiga segmen gabungan dari Jawa bagian barat dan timur.

Halaman: 1 2 3

Rekomendasi

Viral Video TikTok Pemuda Sebut Masjid Persis Bandung Tak Berakhlak

Didoakan Rasulullah, Ini Manfaat Bangun Pagi dan Tak Tidur Usai Subuh

Back to Top